Prestasi

Prestasi

Mahasiswi program studi Desain Interior, Kania Ratriningtyas (DI 2018) bersama karyanya ‘Palmae Chair” berhasil merebut Juara Harapan 1 dalam KOMPETISI DESAIN PRODUK INTERIOR FURNITURE (KDPIF) 2021. Kompetisi yang diadakan mulai November 2021 sampai dengan Januari 2022 ini merupakan ajang kompetisi desain yang dilaksanakan oleh para mahasiswa di program studi desain interior atau desain produk pada kampus yang tersebar di 4 Provinsi di Indonesia (Universitas Pradita Serpong, Universitas Tarumanagara Jakarta, Universitas Trisakti Jakarta, Universitas Binus Malang, ATPIKA Vivere Semarang).

Tema Connecting Opportunities atau jika diartikan yaitu “Menghubungkan Peluang” memiliki makna bahwa kegiatan Desain Kompetisi ini diharapkan dapat membuka peluang bagi seluruh peserta dan khalayak dari praktisi desain dan industri untuk dapat berpartisipasi dan saling berjejaring sebagai upaya mengembangkan peluang hasil inovasi desain yang mengusung tema : FORM-FUNCTION- AESTHETIC, untuk selanjutnya dapat disalurkan untuk menjadi sebuah hasil kegiatan mahasiswa dengan mindset innovative desain yang berkelanjutan.

Selamat kepada pemenang! Semoga bisa terus berkarya dan menginspirasi ya.

Satria Bagaskara (DI 2019) dan Tegar Bumi Pertiwi (DI 2019) berhasil meraih Juara 3 Lomba Debat Bahasa Inggris dalam rangka Dies Natalis Universitas Trisakti ke-56. Satria dan dan Tegar masuk grand final setelah menyingkirkan beberapa tim lawan dari Fakultas lainnya.

Dalam lomba ini pula, Satria Bagaskara berhasil merebut gelar “The Best Speaker”.
Dengan adanya kegiatan ini, setiap Civitas Akademika berkesempatan untuk menunjukkan minat dan bakatnya selain di bidang desain dan memiliki potensi untuk terus mengembangkannya.

Stay creative, keep dreaming and strive for more!

Faizah Wirawan (DI 2018) berhasil menjadi finalis 5 desain terbaik dalam IKEA Batik Motive Design Competition 2.0 tahun 2021 yang diikuti oleh sejumlah mahasiswa Perguruan Tinggi di Indonesia dalam rangka Hari Batik Nasional 2 Oktober 2021.

Selanjutnya 5 desain terbaik akan dipamerkan di seluruh store IKEA Indonesia.
Selamat dan terus berkarya ! Semoga pencapaian ini bisa memotivasi mahasiswa FSRD Usakti lainnya.

Mutiara Nurul Qolbi (DI 2020) berhasil lolos pada Program Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia (KMMI) tahun 2021 Universitas Ngudi Waluyo Semarang dengan mata kuliah Visual Merchandising dari prodi Bisnis Manajemen Ritel.

Program KMMI ini dikelola oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemdikbudristek dalam rangka pelaksanaan program Kampus Merdeka yang bertujuan untuk memberikan keleluasaan kepada Mahasiswa untuk belajar, menimba dan mendapatkan pengalaman di luar kampus.

Kania Ratriningtyas & Talitha Amara (Desain Interior 2018) menjadi salah satu dari Top 10 finalist of Best Business Plan Competition dalam Technopreneurship National Competition 2021.

Kompetisi ini diikuti oleh 200 lebih Mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia. Prodi Desain Interior Usakti mengirimkan kelompok Mahasiswa dari Mata Kuliah Pengembangan Profesi

Technopreneurship National Competition 2021 yang diadakan oleh UNNES Semarang ini mengangkat tema besar “Optimalisasi Enterpreneur Muda Dalam Perkembangan Revolusi Industri 4.0” dengan sub tema yang dipilih oleh tim Desain Interior Usakti yaitu berkaitan dengan Jasa custom furniture.

Satria Bagaskara (Desain Interior 2019) dan Ridha Al Mujri Afsyar (Fotografi 2020) sebagai tim perwakilan FSRD Universitas Trisakti meraih juara 2 pada “National University Debating Championship (NUDC)” Tingkat Universitas Trisakti yang diselenggarakan pada tanggal 7-8 Juni 2021 melalui media daring Zoom.

Seleksi berbentuk kompetisi ini diikuti oleh 16 tim perwakilan dan gabungan Fakultas. Para tim bertanding pada babak penyisihan sebanyak 4 ronde dan kemudian mengakumulasi poin untuk melaju ke babak eliminasi yakni semi-final dan final.

Catatan:
Dikarenakan salah satu peserta sakit pada akhir babak ke-3 penyisihan, sejak babak ke-4 hingga final Tim Perwakilan FSRD bertanding hanya dengan satu pembicara, yakni Satria Bagaskara (Desain Interior 2019).

Chatrien Fercilia (Desain Interior 2018) terpilih sebagai Mahasiswa Berprestasi mewakili FSRD untuk seleksi tingkat Universitas Trisakti pada Penyelenggaraan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi 2021 yang dilaksanakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Peserta pilmapres diseleksi berdasarkan prestasi akademis dan non akademis. Selain itu, peserta juga diminta untuk mengirimkan gagasan inovatif yang bermanfaat untuk pengembangan masyarakat sesuai SDGs.

Beberapa penghargaan dan preastasi yang dimiliki oleh Chatrien di antaranya:

  1. Hak Kekayaan Intelektual (HAKI), Poster Infografis “Menerapkan Ruang Kerja yang Efektif dan Ergonomis selama Belajar dan Bekerja dari Rumah di Masa Pandemi Covid-19”.
  2. Hak Kekayaan Intelektual (HAKI), Karya Tulis “Laporan Sosialisasi, Edukasi dan Publikasi tentang Ruang Kerja Efektif dan Ergonomis selama Belajar dan Bekerja dari Rumah di Masa Pandemi Covid-19”.
  3. Aktif sebagai Koordinator Komisi 1 Akademik dan Pembinaan Pengembangan Organisasi Parlemen Mahasiswa FSRD, Universitas Trisakti (Periode 2020/2021).
  4. Ambassador Desain Interior FSRD Usakti (Periode 2019/2020 – 2021/2021).
  5. Senator Komisi 1 Akademik dan Pembinaan Pengembangan Organisasi Parlemen Mahasiswa FSRD Usakti (Periode 2020/2021).

I Nyoman Triandi Putra (Desain Interior 2017) menjadi Juara 2 pada Lomba Vlog dalam rangka Dies Natalis ke-55 Universitas Trisakti yang diselenggarakan pada tanggal 29 November 2020.


Mira Suci Tia (Desain Interior 2018) menjadi Juara 1 Lomba Kaligrafi Kontemporer pada Lomba MTQM Universitas Trisakti 2020 yang diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Islam – Hudzaifah Trisakti. Karya kaligrafi tersebut dibuat dari surat Al-Kahfi ayat 13 sesuai dengan tema lomba “Pemuda Pejuang Quran”.

Karya dari Meyka Septira Utami Pinem meraih Favorite Design of HOMEDEC 2019 dalam Youth Interior Design Award 2019.

Acara yg diadakan oleh HDII (Himpunan Desainer Interior Indonesia) dalam rangkaian acara HOMEDEC Indonesia ini bertujuan untuk menggali potensi para mahasiswa sebagai calon Desainer Interior muda Indonesia serta menunjukkan reputasi para Desainer Muda Indonesia yang unggul dan terkemuka, baik di skala nasional maupun internasional.

AAS Ayi Tirta, Annelia Lee, Dastanta Sitanggang menjadi Brand Representative TACO dalam Karya Kita Exhibition (2019) at Senayan City Jakarta.

Dea Atika dan Anggraeni Dini lolos seleksi Program Magang di Istana Kepresidenan Cipanas (2018).

Sophia Regina, lolos kurasi sebagai peserta pameran dalam Indonesia International Furniture Expo 2018.